Sudah Tahukah Jika Suplemen Ini Bisa Menurunkan Kolesterol ?

Sudah Tahukah Jika Suplemen Ini Bisa Menurunkan Kolesterol ?

Jika kalian sudah mati-matian melakukan olahraga serta diet yang khusus sekaligus dan tidak bisa juga dalam menurunkan yang namanya kolesterol. Mungkin, kalian membutuhkan asupan yang lainnya untuk mengendalikan kadar kolesterol kalian. Namun dengan menggunakan obat kolesterol seperti halnya Statin ini biasanya bisa membuat beberapa orang merasa menjadi khawatir akan adanya efek samping yang ditimbulkan. Jika sudah begitu, nanti suplemen penurunan kolesterol bisa menjadi salah satu alternatif kalian sebagai upaya untuk menurunkan yang namanya kadar kolesterol yang tinggi.

Jenis Suplemen Anjuran Dokter Untuk Penurunan Kolesterol

#1 Minyak Ikan

Memiliki kadar Omega 3 didalam kandungannya seperti yaitu EPA dan DHA , terbukti bisa menurunkan kadar trigliserida hingga 30%, dengan meminimalisir terjadinya pembengkakan dan pembekuan darah serta bisa meningkatkan kolestrol dengan baik yakni HDL. Studi juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan dengan sederhana sekitar 250 mg per hari dapat mengurangi risiko keamtian jantung secara mendadak.

Namun, kadar untuk merkuri serta polutan yang sangat tinggi pada beberapa jenis minyak ikan yang juga perlu menjadi perhatian. Pilihlah suplemen yang telah teruji secara klinis secara bebas dari logam berat seperti merkuri dan juga timbal serta racun lingkungan lainnya yang termasuk bifenil poliklorinat atau PCB.

Efek samping : dari hal ini bisa menyebabkan lidah merasakan sensasi yang kurang mengenakkan yaitu adanya bau mulut, muntah dan juga diare. Selain daripada itu suplemen ini juga dapat berinteraksi negatif dengan obat pengencer darah semacam Warfarin , Coumadin, dan juga lainnya.

#2 Suplemen : Psyllium

Biasa lebih dikenal dengan nama Plantago Ovata yang merupakan salah satu tanaman yang hanya tumbuh di wilayah India. Namun untuk herbal ini sendiri, sudah lama di konsumsi sebagai salah satu suplemen yang berasald ari sumber serat makanan yang alami. Tanaman jenis ini pun termasuk pada jenis serat larut air yang bisa melarutkan kolesterol dan juga bisa menurunkan trigliserida kolesterol secara total.

Efek samping : suplemen ini bisa menyebabkan nantinya perut kalian menjadi kembung dikarenakan banyaknya gas , sakit perut hingga diare, sembelit atau juga efek mual. Suplemen ini juga bisa mengurangi kemampuan usus untuk menyerap beebrapa nutrisi yang terkandung seperti Kalsium, Zat Besi, Zink, & Vitamin B12.

#3 Suplemen : Niacin

Niacin ini sendiri merupakan suplemen vitamin B yang dimana mampu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik yakni HDL dan juga bisa menurunkan kolesterol jahay yakni LDL hingga menyentuh 30% banyaknya. Suplemen ini bisa diminum dalam dosis besar agar efeknya dapat terasa yakni dari 1 hingga 3 gram sehari.

Efek samping : Dapat mengakibatkan kalian merasakan Sakit Kepal, Mual, Muntah, Gatal dan juga Kemerahan. Dalam kasus yang langka juga bisa menyebabkan yang namanya kerusakan hati jika kalian mengkonsumsi dalam jangka yang panjang.

#4 Suplemen : Sterol & Stanol

Untuk keduanya ini sudah terbukti untuk menurunkan kolesterol ang buruk sebesar 9 hingga 20% banyaknya. Seperti yang dikatakan oleh Food and Drug Administration bahwa kedua senyawa ini mampu nmengurangi yang namanya resiko penyakit jantung jika dikonsumsi sebesar 400mg untuk setiap hari perdosisnya.

Efek samping : kalian bisa mendapatkan hal semacam diare, sembelit, mual serta bereaksi negatif pada pengobatan kolesterol lainnya yang ada.

#5 Suplemen : Koenzim Q10 , CoQ10

Senyawa ini sudah termasuk kedalam golongan antioksidan kuat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol buruk dalm tubuh. Selain itu, CoQ10 juga nantinya dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Namun, penelitian ini juga baru dilakukan pada tikus dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjutnya apakah bekerja dengan secara efektif pada manusia.

Jika kalian memutuskan untuk mengkonsumsiĀ  suplemen penurun kolesterol sebagai tambahan pengobatan, kalian bisa konsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang menangani kalian. Pasalnya tidak semua kandungan suplemen ini bsia aman untuk tubuh kalian konsumsi dan pastinya memiliki kemungkinan untuk dapatĀ  bereaksi negatif pada obat-obatan yang sedang kalian konsumsi.